Senin, 25 Agustus 2014

Membuat Latar Foto Menjadi Blur dengan Photoshop

Kadang kita ingin foto yang di jepret terlihat blur latarnya dan menjadikan objeknya menjadi fokus, biasanya dengan kamera DSLR semuanya bisa di atur, namun bagaimana jika kita menggunakan kamera biasa atau HP. Untungnya di photoshop ada trik mudahnya untuk membuat latar menjadi blur.



1. Pilih menu File >> Open untuk membuka foto. Pada kotak dialog Open File, pilih foto kemudian klik tombol Open. Secara default Photoshop akan membentuk layer dengan nama Background untuk foto yang kamu buka.

2. Gandakan Layer.
Tekan tombol Ctrl+J untuk menggandakan layer Background. Akan terbentuk layer duplikat dengan nama Layer 1. Ini berguna agar foto asli kita tetap utuh. Jika suatu saat kita tidak puas dan ingin mengulang proses dari awal, kita tinggal menggandakan kembali layer Background.


3. Polygonal Lasso Tool (Seleksi Foto)
Buatlah seleksi pada area foto yang akan di beri efek blur pada background dengan menggunakan pen tool, path tool atau Lasso Tool terserah mana yang lebih familiar


4. Gausian Blur
Aktifkan layer background, beri efek blur pada background foto dengan cara pilih >> Filter >> Gausian Blur, dan Atur efek blur ketajaman warna sesuai keinginan


Jangan lupa centang bagian Preview agar anda bisa melihat langsung perubahannya, jika sudah selesai klik ok.

 
5. Atur Gradasi Warna sesuai dengan kebutuhan agar foto terlihat lebih fokus
 

6. Selesai  

(Trik ini untuk menjawab pertanyaan Family yang menanyakan cara edit photoshop sederhana mengenai latar blur .. Semoga bermanfaat)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar